Senin, 27 Agustus 2012

Cara Copy-Paste Satu File ke Semua Folder dan Subfolder

How to paste file to all subfolders

Itulah kata kunci yang saya masukkan di Google Search Engine saat saya ingin menemukan cara untuk mempaste satu file ke semua folder dan subfoldernya. Hal tersebut ingin saya lakukan ketika saya akan mengkopi file exe untuk Folder Background Customizer (FBC) ke semua folder. Postingan tentang FBC sudah saya terbitkan sekitar 3 hari yang lalu, silakan cek di daftar posting di kanan.

File FBC.exe harus dikopi ke semua folder untuk dapat dijalankan dan megubah gambar latar foldernya. Jika saya melakukan operasi copy-paste untuk semua folder secara manual (satu per satu), waaaaaaaah alangkah lamanya, karena saya punya ratusan folder di komputer. Naaaah, dengan cara di bawah ini, kita dapat mengkopi satu file ke semua folder dan cabang-cabang subfoldernya dengan SANGAT CEPAT.

Berikut langkah-langkahnya.

Pertama, buka aplikasi NOTEPAD

Kedua, copy-paste kode berikut:
for /R "E:\" %%i in (.) do copy "%E%\FBC.exe" "%%i"

Keterangan:
E:\ adalah drive atau folder tempat tujuan kita mengkopi file ke seluruh subfolderny.
%E%\ adalah lokasi file yang akan dikopikan.
FBC.exe adalah nama file yang akan dikopikan beserta ekstensinya.

Pada contoh script di atas, saya akan mengkopi file FBC.exe yang berada di drive E (bukan di dalam folder) ke semua folder yang berada di drive E.

Berikut contoh lain yang menggunakan folder sebagai tempat asal dan tempat tujuan:
for /R "E:\My Pictures" %%i in (.) do copy "%E%\Master\FBC.exe" "%%i"


Pada contoh script di atas, saya akan mengkopi file FBC.exe yang berada di drive folder Master di drive E ke semua subfolder yang berada di folder My Pictures.

Ketiga, ganti ketiga kode di atas sesuai kebutuhan.

Keempat, klik File, klik Save As..., klik kotak Save file type, pilih All Files, ketik nama filenya copy.bat, klik Save.

Kelima, double-klik pada file copy.bat tadi.

Selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar