Minggu, 08 Juli 2012

Wisuda !!!!


Sabtu, tanggal 7 bulan 7 jam 7 pagi tahun 2012 adalah hari yang sangat bersejarah dalam hidup saya. Pada hari itulah saya beserta 1500 alumni Universitas Islam Nusantara (UNINUS) lainnya melaksanakan prosesi wisuda. Jumlah wisudawan yang mencapai 1500 itu terdiri dari
  • Program Doktor (S3 Manajemen Pendidikan) sebanyak 44 orang
  • Program Magister (S2 Manajemen Pendidikan) sebanyak 213 orang
  • Program Magister (S2 Ilmu Hukum) sebanyak 22 orang
  • Program Sarjana (S1 berbagai fakultas) sebanyak 1.221 orang
Meskipun jumlah tamu yang datang sangatlah banyak (bisa Anda bayangkan, 1500 wisudawan membawa minimal 2 orang keluarga dan 1 mobil), tapi acara yang digelar di halaman luas UNINUS itu berjalan dengan lancar dan khidmat. Rasa haru begitu terasa saat perwakilan wisudawan (yakni Bapak Ahmad Fauzan Saleh, drs., M.Ag. yang juga merupakan Wakil Bupati Banjarmasin, Kalimantan Selatan) menyampaikan pidatonya. Beliau mengungkapkan semua suka duka dan harapan seluruh mahasiswa yang bisa sampai selesai diwisuda, dan mahasiswa yang tidak bisa sampai selesai karena meninggal dunia.

Hal yang takkan terlupakan dari hari itu adalah diumumkannya 9 wisudawan berprestasi, masing-masing 3 orang dari setiap program S1, S2, dan S3. Ketiga orang tersebut adalah:
  1. Wisudawan Terbaik, yakni yang meraih nilai IPK tertinggi dengan yudisium Cum Laude,
  2. Wisudawan Termuda, yakni yang berhasil menyelesaikan program pendidikannya dengan usia paling muda dibanding yang lain, dan
  3. Wisudawan Tercepat, yakni yang berhasil menyelesaikan program pendidikannya dengan waktu lebih cepat dibanding yang lain.
Saya tidak begitu ingat wisudawan berprestasi dari program S2 dan S3. Yang saya ingat hanyalah wisudawan berprestasi dari S1, karena yang terpilih menjadi Wisudawan Terbaik ternyata adalah saya. Saya terpilih menjadi Wisudawan Terbaik S1 UNINUS 2011/2012 dengan IPK 3,92 Yudisium Cum Laude. Alhamdulillah.

Sebagai wisudawan berpretasi, saya bersama 8 orang lainnya diberi kehormatan untuk duduk di kursi paling depan. Keluarga wisudawan berprestasi juga diberi tempat duduk khusus di atas panggung dan dikategorikan sebagai tamu VIP. Saya merasa begitu lega dan bahagia bisa menempatkan orang tua dan keluarga di tempat khusus terhormat, karena sebelumnya syaa khawatir tidak bisa memmberikan tempat duduk yang nyaman bagi mereka mengingat banyaknya tamu yang sudah datang lebih dulu dan kursi hampir penuh di sana-sini. Alhamdulillah.

Kesembilan wisudawan berprestasi juga diberi kehormatan dengan dipanggil untuk menerima ijazah paling awal, walaupun nomor urut panggil mereka sebenarnya adalah nomor ratusan. Saya sendiri waktu itu mendapat nomor panggil 260, tapi alhamdulillah dipanggil untuk menerima ijazah pertama pada program S1.

Walaupun duduk di barisan paling depan itu menyenangkan, tapi saya dan 8 orang lainnya dilarang untuk bersikap santai, seperti tumpang/silang kaki, bermain HP, dan lain-lain. Kami benar-benar harus bersikap sempurna karena duduk di depan dilihat langsung oleh jajaran rektorat yang memimpin sidang senat. Tapi alhamdulillah-nya, walaupun duduk di depan tidak begitu bebas, saya masih diberi 3 pemandangan yang indah:
  1. orang tua dan keluarga yang duduk di panggung VIP
  2. seorang wisudawati termuda dari program S2 yang memang masih muda dan cantik :) dan duduk tepat di samping saya (inilah alasan mengapa foto yang kualitasnya kurang bagus di atas tetap saya pajang)
  3. tim paduan suara yang tepat berada di depan-kiri saya, semuanya cantik dan fresh, terutama baris pertama keempat dari kanan :)
Ketiga pemandangan di atas cukup mengobati cangkeul-nya saya duduk di depan hingga acara selesai. Setelah acara selesai dan saya mendapat ijazah, saya mengajak orang tua dan keluarga untuk berfoto bersama sebagai kenang-kenangan.

Alhamdulillah, terima kasih Ya Allah kau telah anugerahkan begitu banyak nikmat kepada hamba, khususnya nikmat yang Kau berikan hingga hamba bisa menyelesaikan kuliah S1 dengan hasil baik ini. Semoga Kau jadkan hamba sebagai orang yang pandai bersyukur. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar