Jumat, 06 Januari 2012

Cara Cepat Resensi Novel | Pengalaman Kuliah


Ketika saya duduk di semester 5, salah satu Mata Kuliah yang saya kontrak adalah Foundation of Linguistics. Matkulnya memang cukup menyenangkan, namun yang membuat saya cukup repot adalah banyaknya tugas untuk meresensi buku sastra, novel, atau bahkan sekumpulan puisi dalam bahasa Inggris.

Suatu saat dosen saya pernah menugaskan untuk meresensi novel berjudul The Davinci Code. Novel yang terkenal dengan ceritanya yang seru dan jumlah halamannya yang tebal itu harus saya resensi dalam waktu kurang dari 3 hari. Waw!!! Yang menambah sulit keadaan saat itu adalah kondisi badan saya yang kurang sehat. Sehingga cukup sulit bagi saya untuk berkonsentrasi merangkum novel dalam keadaan sakit.

Untungnya saya diberi ide yang cukup jitu. Ide untuk merangkum novel The Davinci Code tanpa membaca novelnya. Caranya? Ya, betul. Saat itu saya memutuskan untuk menonton filmnya saja yang sudah banyak beredar di rental-rental VCD. Malam itu pun saya menonton film The Davinci Code sambil mencatat beberapa bagian penting seperti nama tokoh, tempat, tahun, dan lain-lain. Hingga akhirnya alhamdulillah seiring dengan selesainya film, saya pun selesai membuat catatan kecil untuk dikembangkan menjadi resensi penuh dari novel The Davinci Code.

Ketika tiba saatnya pengumpulan tugas, saya pun alhamdulillah bisa mengumpulkan resensi novel tebal itu tepat waktu. Begitulah cara cepat meresensi novel tanpa membaca novelnya. :-)

Free Download Film The Davinci Code

Tidak ada komentar:

Posting Komentar