Sabtu, 14 Oktober 2017

Fenomena Geografi: Sungai Bawah Laut


Sungai yang kita kenal semuanya berada di daratan, di mana semua sungai itu bermuara (mengarah) ke laut. Bagaimana jika ada "sungai di bawah laut"? Penasaran? Silakan download failnya di bawah ini.

Download:
https://www.mediafire.com/file/i951ftg61d1h63t/sungai%20bawah%20laut.pps

12 komentar:

  1. Nama:Muhamad Firdaus (x) mazex
    Bahwa sungai di bawah laut telah d jelaskan juga pada al qur'an surat al furqon ayat 54

    BalasHapus
  2. -nama:moch.Ripi.Ramdani(x)
    menurut cerita d atas sungai tersebut berada d bawah laut..berberda dengan sungai*yang lainnya,yg berada d daratan..( bermuara)mengarah,kelautan.

    BalasHapus
  3. nama:moch.ripi.ramdani(x)
    menurut cerita d atas fenomena sungai d bawah laut terjadi karena:terdapat perbedaan lapisan tekanan bawah air..

    BalasHapus
  4. Nama : Aksan Rayhandi (x IPS)
    menurut saya Fenomena sungai bawah laut ini benar benar fakta
    Faktanya Bahwa sebenarnya sungai di bawah laut sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an ialah salah satu fakta yang sangat menakjubkan mengenai Al-Qur’an yang ternyata telah terbukti di kehidupan nyata. Sungai di bawah laut sebenarnya terdengar mustahil bagi logika manusia.

    Namun pada kenyataannya, hal itu benar-benar ada di dunia ini. Sebelum ada peralatan canggih untuk menyelidiki hal itu, Al-Qur’an telah menuliskan secara terperinci mengenai adanya sungai di bawah tanah tersebut. Percampuran antara air asin dan air laut yang dapat terpisah secara alami merupakan salah satu bukti kebesaran Allah yang dapat dilihat oleh seluruh umat manusia. Kepada pencinta kumpulan misteri, berikut ini merupakan penjelasan yang lebih terperinci bahwa sungai di bawah laut sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an.
    Air Tawar Terpisah Dengan Air Asin

    Salah satu bukti dari keajaiban ini berawal dari penelitian seorang ilmuwan yang mengemukakan adanya air tawar di dalam air asin ketika sedang melakukan penyelaman. Pada awalnya, ilmuwan tersebut sama sekali tak percaya bahwa Ia sedang menemukan air tawar yang dapat terpisah dengan sendirinya di dalam lautan yang memiliki air asin. Namun ternyata hal itu benar adanya. Ketika diselami lebih dalam lagi, ternyata di dalam laut tersebut terdapat sungai yang memiliki air tawar. Meskipun hal ini berhasil membuat para ilmuwan takjub akan keajaibannya, namun ternyata ada sebuah ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan mengenai hal ini.

    Dalam Surat Al-Furqan ayat 53 yang berbunyi,”Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir berdampingan, yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin dan pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan barat yang tidak ditembus.”. Dalam ayat tersebut sudah cukup jelas dipaparkan bahwa sesungguhnya air tawar dan air asin dapat terpisah karena kehendak Allah SWT.

    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  5. Nama:Yuliana Sintadewi
    Kelas:XII
    Sebenarnya sebuah sungai yang berada di bawah laut ini adalah sebuah lapisan hakolin setebal 1 M sehingga terlihat seperti sebuah sungai bawah laut, padahal pada kenyataannya lapisan hakolin ini merupakan sebuah lapisan pembatas antara air tawar dan air asin. Walau air yg berada di atasnya ini merupakan air asin tetapi tidak berarti lokasinya berada dilautan. Lapisan akolin ini berada disebuah lubang goa karts yaitu Cenote Angelita dan bukan dilaut lepas.
    Cukup sekian pendapat yang dapar saya sampaikan, bila ada kesalahan dalam pengetikan mohon dimaafkan .. Terimakasih

    BalasHapus
  6. Nama:riskha fauziah
    Kelas:XII(ALHIDAYAH)
    ada beberapa fakta tentang sungai bawah laut yaitu memiliki kepadatan yang tinggi
    Kepadatan air tawar sungai bawah laut inilah penyebab utama adanya dinding pemisah antara air tawar dan air asin sehingga tampak membentuk sebuah aliran sungai yang lebar. Air tawar sungai ini tidak bercampur dengan air asin. Dengan kepadatanya yang tinggi aliran sungai ini memiliki salinitas yang tinggi dan sehingga membawa sedimen yang banyak.
    Hal ini merupakan keajaiban dan kuasa allah
    Sekian terimakasih

    BalasHapus
  7. Nama: yusuf(10)

    Menurut saya sungai di bawah laut itu benar/ada karna ada seorang ilmuan yg bernama:Jucques yues costeau yg menyatakan bahwa sungai dibawah laut itu ada yg di jelaskan pada al quran surat ar rahman ayat 19-20,dan ilmuqn itu itu berkata bahwa sungai di dalam laut itu air nya tidak asin ,malah air itu tawar dan segar, mengapa itu bisa terjadi pak ???
    Sekian terimakasih

    BalasHapus
  8. Nama: Meti Susanti
    Kelas:XII
    ternyata sungai di bawah laut terdapat pada ayat Alquran tentang bertemunya dua lautan (surat Ar-Rahman ayat 19-20) yang sering diidentikkan dengan Terusan Suez. Ayat itu berbunyi “ Marajal bahraini yaltaqiyaan, bainahumaa barzakhun laayabghiyaan…” Artinya: “ Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu, antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.” sekarang aku baru tau kalau ada sungai di bawah laut dan ternyata indah sekali ciptaan allah
    Sekian terimakasih

    BalasHapus
  9. Nama:Risma Yulianti
    Kelas:XII
    Percampuran antara air asin dan air laut yang dapat terpisah secara alami merupakan salah satu bukti kebesaran Allah yang dapat dilihat oleh seluruh umat manusia yang telah disebutkan dalam surat Ar Rahman ayat 19-21:"Dia membiarkan dua laut mengalir yang kemudian keduanya bertemu, diantara kedua batas yang tidak dilampaui masing masing. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan."
    Dalam ayat tersebut sudah cukup jelas dipaparkan bahwa sesungguhnya air tawar dan air asin dapat terpisah karena kehendak Allah SWT.
    Sekian terimakasih

    BalasHapus
  10. Nama:Siti Aisah
    Kelas:XII
    Al-Qur'an telah menuliskan secara terperinci mengenai adanya sungai dibawah laut tersebut.Dalam surat Al-furqan ayat 53 yang berbunyi:"Dan dialah yang membiarkan dua laut mengalir berdampingan, yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin dan pahit, dan dijadikan antara keduanya dinding dan barat yang tidak ditembus." Ini merupakan salah satu bukti kebesaran Allah yang dapat dilihat oleh seluruh umat manusia.
    Sekian terimakasih

    BalasHapus
  11. Nama:Dika dian purnama
    Kelas:XII
    sungai tersebut hanyalah sebuah ilusi. Deskripsi yang paling tepat untuk menyebutnya, bukan sungai, melainkan kabut/awan, karena lapisan yang terlihat seperti sungai itu adalah lapisan Hidrogen Sulfida. Lapisan ini membentuk kabut/awantebal yang membuat ilusi sungai.

    Tidak banyak yang bisa menyelam sampai kedalaman ini karena lapisan ini terdapat di dasar Cenote Angelita, yaitu di kedalaman sekitar 60 meter.

    BalasHapus
  12. Nama:Ridha Rahayu P
    Kelas: XII
    Mungkin itu terlihat seperti sungai karena terdapat lapisan Hidrogen Sulfida, yang menyerupai kabut sehingga terlihat seperti sungai. Hidrogen Sulfida juga dikenal dengan nama sulfana, sulfurated hydrogen atau asam hidrosulfurik, yaitu gas yang mudah terbakar, tidak berwarna dan berbau busuk. Hidrogen Sulfida dapat tercipta ketika bakteri mengurai bahan organik dalam keadaan tidak adanya oksigen, dan biasanya timbul karena aktivitas gunung berapi dan gas alam.
    Jika itu bukan sungai, bagaimana air tawar tidak bercampur dengan air asin ?
    Air tawar yang tidak bercampur dengan air asin bukanlah sesuatu yang baru, ini dikenal dengan sebutan “Halocline”. Dalam oseanografi, Halocline adalah sebuah wilayah didalam laut, dimana ada “peningkatan yang signifikan” atau “penurunan kerapatan” sehingga terdapat pemisah antara air tawar dan air asin, menyebabkan air tawar dan asin tidak bercampur. Halocline tidak terjadi disemua pantai atau laut, dan biasanya terjadi di gua yang berisi air tawar didekat laut. Seperti halnya Cenote Angelita, karena ini adalah gua yang airnya terhubung ke laut.
    Bagaimana pohon dan daun dapat tumbuh didalam air ?
    Tidak ada pohon yang tumbuh di Cenote Angelita, yang ada adalah daun berserakan dan pohon yang telah mati, mengingat ini memang terdapat ditengah hutan, tentu saja ada pohon dan daun yang jatuh disana.
    Cenote Angelita adalah gua ditengah hutan yang berisi air tawar dan terhubung dengan laut, jadi tampaknya kurang tepat apabila disebut sungai didasar laut.

    BalasHapus