Minggu, 28 Agustus 2011

Awas KeyLogger (Software Pencuri Username & Password Kita)

Alhamdulillah, di hari ke 28 Ramadhan 1432 Hijriyah ini saya bisa menulis postingan yang tepat ke-100. Pada postingan istimewa ini, saya akan berbagi tips tentang cara menghindari KeyLogger. Apa itu KeyLogger? Mari kita cek bersama-sama!

KeyLogger adalah aplikasi yang mempu merekam semua data yang dimasukkan lewat keyboard. Jadi, apapun yang ditekan pada keyboard maka KeyLogger dapat merekamnya. Hal ini tentu berbahaya jika kita sedang ber-internet ria dan banyak keluar-masuk situs pribadi, seperti Facebook, Gmail, Yahoo, Blogger, dan akun-akun lainnya. Saat kita memasukkan Username dan Password lewat keyboard, KeyLogger dapat merekam apa yang kita ketikkan. Hal tersebut sering dimanfaatkan oleh orang-orang jahil untuk membobol FB, Email, atau akun-akun penting kita yang lain. Dengan menggunakan data dari KeyLogger, mereka dengan mudah masuk ke akun kita dan mengacak-acak isi akun kita.

Tentu kita tidak ingin itu terjadi. Jangan sampai seperti beberapa sahabat saya yang akun FB dan Email-nya dibobol atau di-hack orang lain. Hal ini bisa terjadi karena:
  • kita masuk ke akun pribadi di fasilitas umum, contohnya di warnet (yang bisa digunakan oleh siapa saja)
  • software KeyLogger tidak terlihat wujudnya. Dicari di system-tray juga tidak ditemukan. Biasanya KeyLogger dilengkapi dengan kemampuan bersembunyi dari pantauan langsung.


Creative Zone mempunyai cara agar kita terhindar dari si jahil KeyLogger. Intinya, setiap kita login di komputer umum, jalankan tips berikut ini. Jika memang komputer umum tersebut dipasangi KeyLogger maka kita aman. Dan jika komputer itu tidak dipasangi KeyLogger kita tetap aman (hanya jaga-jaga).

Tipsnya adalah JANGAN MENGETIK USERNAME & PASSWORD MELALUI KEYBOARD. Lalu harus mengetik dengan apa? Gunakanlah fasilitas On Screen Keyboard (OSK) yang ada di setiap komputer. Caranya:
  1. Klik START
  2. Klik Run...
  3. Ketik osk
  4. Tekan Enter

Jika menu Run... tidak ditemukan, kita bisa mencari osk secara manual melalui:
  1. My Computer
  2. System
  3. Windows
  4. System32
  5. osk

Maka akan muncul tampilan keyboard di layar (seperti gambar di bawah). Anda tinggal klik setiap tombol keyboard untuk menuliskan username dan password. Fungsi keyboard di layar tersebut SAMA DENGAN fungsi keyboard asli yang ada di depan kita.

Cara ini aman. Mengapa? Karena KeyLogger tidak dapat mendeteksi apa yang kita ketikkan melalui OSK. KeyLogger hanya mendeteksi dan merekam data yang diketikkan lewat keyboard asli.

Demikian. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar