Sabtu, 07 Mei 2011

Rumus Rubik 3x3 (Plus Gambar bagi Pemula)


       Rubik adalah sebuah puzzle 3D yang terbukti berguna dalam mengisi waktu luang dan sambil mengasah otak. Rubik banyak macamnya: kotak, segitiga, segi-6, segi-8, bintang, ular, dll. Namun rubik berbentuk kotak adalah rubik yang paling populer di pasar.

       Saya sendiri sudah tertarik dengan rubik sejak SMP, namun saat itu rubik belum sepopuler sekarang, sehingga saya cukup sulit mendapatkan/membeli rubik waktu itu. Sekarang mah rubik sudah beredar luas, dari yang kualitas bagus (ratusan ribu) hingga yang ecek-ecek (gocengan) yang diputarnya sangat susah jika tidak menggunakan tenaga kuli (hehe). Berawal dari ketertarikan inilah saya mulai getol mencari dan mempelajari berbagai rumus untuk menyelesaikan rubik, terutama rubik paling dasar: RUBIK KOTAK 3x3.

       Alhamdulillah, kini saya sudah bisa menyelesaikan rubik 3x3 walau masih agak lama. Rekor tercepat saya hingga 7 Mei 2011 masih 70 detik. Jauh banget dengan rekor dunia yang hanya 7 koma sekian detik saja!!

       Pada postingan malam minggu ini, saya berbagi rumus sederhana untuk menyelesaikan rubik 3x3. Rumus ini cukup mudah difahami, karena dilengkapi dengan gambar gerakannya. Silakan download melalui link di bawah ini. Gratis.

       Demikian. Semoga bermanfaat.

Download:
Karena link asli sudah mati, saya alihkan ke link alternatif yang isinya juga sama, silakan klik:
http://www.mediafire.com/?ifkw5l55ctpzcz7

atau (recommended) (password: 085691102288):
http://www.mediafire.com/view/?40p2f87c93d44ic

Catatan: Jika Anda tidak memahami istilah gerakan rubik yang saya gunakan, silakan lihat penjelasannya di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar