Sabtu, 20 Juni 2015

4 Tipe Imam Sholat | Versi Zonanakasep


Menurut saya, imam sholat itu terbagi 4. Pembagian ini didasarkan kepada dua hal, yaitu:

  • Benar, yaitu ukurannya ilmu tajwid yang mencakup panjang & pendek bacaan, waqof & washol, makhroj huruf, dan hal lain yang berhubungan dengan kefasihan bacaan.
  • Baik, yaitu ukurannya lama atau sebentar. Jika imam membaca surat yang panjang-panjang, pasti sholat akan lama. Dan begitu pun sebaliknya. Saya yakin masyarakat tidak begitu senang ketika seorang imam membaca surat yang panjang-panjang ketika sholat, karena akan memakan waktu yang lama. Bagi mereka, surat yang pendek atau sedang saja sudah cukup, karena toh sholat tetap sah walau dengan surat pendek. Makanya saya menyebut bahwa imam yang membaca surat panjang-panjang pada shoalt berjama'ah (apalagi sholat yang banyak raka'atnya, seperti sholat tarawih) adalah imam yang kurang baik, karena tidak begitu disenangi oleh kebanyakan masyarakat/jama'ah.

Seorang imam yang BENAR akan dicintai Allah, karena bacaannya benar menurut hukum. Dan seorang imam yang BAIK akan dicintai masyarakat/jama'ah, karena surat yang dibacanya tidak terlalu panjang sehingga tidak begitu lama menunggu.

Berdasarkan 2 kriteria ini, saya mengelompokkan imam sholat menjadi 4 tipe, yaitu:

  1. BAIK & BENAR, yaitu imam yang bacaannya suratnya tidak terlalu panjang dan cara bacanya tepat menurut ilmu tajwid.
  2. BAIK tapi TIDAK BENAR, yaitu imam yang bacaan suratnya tidak terlalu panjang tapi cara bacanya tidak tepat menurut ilmu tajwid.
  3. TIDAK BAIK tapi BEAR, yaitu imam yang bacaan suratnya panjang-panjang tetapi cara bacanya tepat menurut ilmu tajwid.
  4. TIDAK BAIK & TIDAK BENAR, yaitu imam yang bacaan suratnya panjang-panjang dan cara bacanya juga salah atau tidak tepat menurut ilmu tajwid.

Jika Anda seorang imam sholat, tipe manakah Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar