Minggu, 03 November 2013

Cara Mengambil Layar Game pada Windows 7 dan 8 | How to capture a game fullscreen in Win 7 & Win 8

Mengambil gambar yang muncul layar (capture) pada Windows 7 & 8 tidak semudah seperti di Windows XP. Hal ini terjadi saat kita akan mengambil capture sebuah game yang sedang kita mainkan. Padahal capture atau screenshot sebuah game sangat penting bagi berbagai keperluan.

Saat melakukan capture pada game di win 7 atau 8 dengan cara biasa (yaitu tekan tombol Printscreen), biasanya hasil yang muncul hanyalah balnk hitam, atau justru gambar desktop, bukan gambar tampilan game yang sedang kita mainkan. Hal ini tentu menjengkelkan.

Ternyata cara untuk membuat windows 7 dan 8 bisa mengambil screenshot sebuah game adalah dengan mematikan pilihan Desktop Composition untuk game yang bersangkutan. Caranya:
  1. Masuk ke folder instalasi game yang bersangkutan, biasanya di C:\Program Files\...
  2. Klik kanan pada file exe game tersebut
  3. Pilih Properties
  4. Pilih tab Compatibility
  5. Ceklis pilihan Disable Desktop Composition
  6. OK
Dengan cara ini, screenshot sebuah game di win 7 atau win 8 dapat diambil dengan cara biasa, yaitu tekan tombol Printscreen saja. Di bawah ini adalah salah satu tampilan screenshot dari game Zuma's Revenge yang saya mainkan. Hasil yang fantastis di gambar ini diperoleh dengan menggunakan cheat engine yang dapat anda cari di kotak pencarian di sebelah kanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar