Sabtu, 24 Maret 2012

Aplikasi untuk Memeriksa Soal Pilihan Ganda dengan Interval


Mungkin Anda masih bingung dengan judul yang saya tulis. Maksud dari judul ini adalah sebagai berikut.

Sebelumnya saya sudah pernah berbagi aplikasi untuk guru mata pelajaran yang di dalamnya terdapat aplikasi untuk memeriksa hasil ulangan siswa berbentuk pilihan ganda dan uraian (klik di sini untuk melihatnya). Nah, aplikasi pemeriksa tersebut hanya cocok untuk guru mata pelajaran. Mengapa? Karena aplikasi pemeriksa itu hanya untuk soal satu mata pelajaran saja.

Masalahnya, bagaimana jika satu soal terdiri dari beberapa mata pelajaran? Hal ini sering terjadi pada kegiatan Try Out, di mana satu paket soal (misalkan sebanyak 70 soal) terdiri dari 4 mata pelajaran. Misalkan, Bahasa Indonesia dari 1 - 15, Bahasa Inggris dari 16 - 30, Matematika dari 31 - 50, dan IPA dari 51 sampai 70. Untuk memeriksa soal yang terdiri dari banyak mata pelajaran di dalamnya, aplikasi pemeriksa tadi tidak bisa digunakan, karena dia hanya memberikan 1 nilai akhir, sedangkan kita ingin ada 4 nilai akhir, yakni nilai akhir untuk setiap mata pelajaran.

Contoh kasus Try Out di atas menunjukkan bahwa dalam satu paket soal terdapat beberapa interval/rentang untuk setiap mata pelajaran yang berbeda. Nah, aplikasi pemeriksa yang saya bagikan ini dirancang khusus untuk memeriksa soal semacam itu.

Aplikasi ini dibuat 100% oleh saya, atas ide dan rasa penasaran saya terhadap kasus Try Out yang pernah saya hadapi di atas. Aplikasi ini sangat dianjurkan untuk didownload oleh lembaga-lembaga Bimbel yang sering mengadakan Try Out atau semacamnya.

Download:
http://www.mediafire.com/?g3u8f1gbo7642a7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar