Sabtu, 05 November 2011

Rumus Rubik 6x6, 7x7, 8x8, 9x9, 10x10, 11x11, dst.


Mungkin di benak banyak orang, menyusun rubik yang ukurannya di atas 5x5 itu sangatlah susah atau bahkan mustahil. Namun ternyata hal tersebut benar-benar bisa dilakukan. Syaratnya, untuk bisa menyusun rubik kotak yang ukurannya di atas 5x5, Anda HARUS sudah bisa menyusun minimal 3 jenis rubik, yaitu RUBIK 3X3, RUBIK 4X4, dan RUBIK 5X5. Mengapa? Karena rubik yang ukurannya di atas 5x5 pada prinsipnya sama dengan ketiga rubik tadi. Jika Anda belum bisa menyusun rubik 3x3, silakan download cara-cara mudahnya DI SINI. Kemudian jika Anda tidak memahami istilah gerakan yang saya gunakan, silakan download penjelasannya DI SINI (Recommended).

Berikut adalah langkah-langkah menyusun rubik kotak yang ukurannya di atas 5x5.

  1. Mengumpulkan biji tengah (center collecting). Teknik ini akan Anda fahami jika Anda sudah bisa menyusun rubik 4x4 dan 5x5. Teknik center collecting yang digunakan pada rubik 4x4 dan 5x5 juga berlaku untuk rubik yang ukurannya di atas 5x5.
  2. Memasangkan biji tepi (edge pairing). Teknik ini akan Anda fahami jika Anda sudah bisa menyusun rubik 4x4 dan 5x5. Teknik edge pairing yang digunakan pada rubik 4x4 dan 5x5 juga berlaku untuk rubik yang ukurannya di atas 5x5.
  3. Melaksanakan rumus rubik 3x3. Dengan menjalankan 2 langkah di atas, maka rubik Anda sudah sama kondisinya dengan rubik 3x3. Makanya kuasai terlebih dulu cara menyusun rubik 3x3.


Untuk lebih membuat Anda mahir menyusun rubik berukuran besar, Anda juga patut mencoba mencari video tutorial yang banyak tersedia di You Tube. Saya sendiri banyak belajar dari video dari situs tersebut. Video dari luar negeri kebanyakan berbahasa Inggris, namun kita tetap bisa memperhatikan gerakannya walaupun bahasanya tidak faham. Video dari Indonesia juga banyak. Salah satu yang berkualitas (menurut saya) adalah video tutorial milik Robert Mingliang. Silakan Anda cari di You Tube dengan kata kunci Robert Mingliang.

Download buku panduan rumusnya lengkap dan rinci di:
http://nanakasep.blogspot.com/2013/07/rumus-rubik-kotak-di-atas-4x4-rumus.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar