Jumat, 11 November 2011

Cara Menghapus Subtitle Permanen dari Sebuah Video (How to Remove an Integrated Subtitle from a Video)


Saya sering mendownload film, dan terkadang di dalamnya sudah terdapat subtitle yang permanen. Jadi walaupun saya tidak punya file subtitle (srt) untuk film itu, tapi film itu sudah dilengkapi subtitle di dalamnya. Hal ini menyenangkan jika subtitle di film itu adalah bahasa yang saya fahami, tapi tidak jarang saya menemukan film yang dilengkapi subtitle bahasa Spanyol, Italia, Latin, dsb. Hal ini tentu menjengkelkan.

Setelah saya tanya-tanya ke Om Google, ternyata ada software yang mampu menghapus subtitle permanen tersebut. Kita bisa membuangnya, dan bahkan menggantinya dengan subtitle kita sendiri. Software itu adalah AVI Muxer atau MKV Muxer yang sudah pernah saya bagikan DI SINI.

Jalankan programnya, maka akan tampil unsur-unsur yang dikandung dalam file film tersebut, dari mulai Audio, Video, dan termasuk Subtitle permanennya. Kita hanya perlu menghilangkan tanda ceklis pada file subtitle yang ingin kita buang, lalu klik start muxing. Langkah ini akan menghasilkan video baru tidak mengandung subtitle permanen tadi.

Demikian.

Download Tutorial Lengkap (Recommended):
http://adf.ly/CPch0

Baca juga cara menghapus hardcoded subtitle di sini:
http://adf.ly/CPeX3

1 komentar: