Minggu, 04 September 2011

Ketika AntiVirus Menjadi Virus

Saya pernah mengalami hal yang tidak mengenakkan dengan antivirus (AV) yang saya pakai: Avast 5. Saya akui bahwa Avast adalah AV yang hebat dan termasuk AV papan atas dunia. Tapi waktu itu saya benar-benar dibuat rugi oleh Avast ini.

Kesalahan pertama terjadi karena saya melakukan instal ulang windows via USB yang sudah tercemar virus. Jadi, saya menggunakan USB yang kotor untuk melakukan instalasi windows. Akibatnya, ketika saya menginstal Avast, eh malah Avast yang merupakan program antivirus malah menjadi virus! Ternyata hal ini pun tidak jarang terjadi pada komputer lain. Banyak kasus sama yang saya dengar tentang antivirus yang justru berubah menjadi virus. Hal tersebut bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya seperti pengalaman saya tadi.

Akibat terburuk yang saya alami adalah Avast menghapus semua file mentahan program yang berbentuk file exe, karena file-file exe tersebut dianggap virus oleh Avast. Hal tersebut benar-benar memukul saya, karena mentahan program itu sudah saya koleksi dengan susah payah dalam waktu yang cukup lama. Akhirnya saya terpaksa mencari lagi di internet untuk mengganti file yang terhapus tersebut.

Dari pengalaman ini saya mengambil 2 pelajaran berharga:
  1. Tidak melakukan instal ulang Windows melalui Flash Disk atau CD yang tercemar virus.
  2. Melindungi file exe dengan cara membungkusnya dengan winRAR. Kini file mentahan program di komputer saya sudah berbentuk file RAR semuanya.
Demikian. Semoga bisa diambil hikmahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar