Sabtu, 28 Mei 2011

Tips Merawat Laptop (Penting)



Siapapun tentu tak ingin memiliki laptop yang cepat rusak. Apalagi jika laptop tersebut baru saja dibeli sebulan yag lalu, eh sudah ada kerusakan hardware!

Kerusakan software merupakan hal biasa, karena itu sifatnya lunak/program. Solusinya mudah dan murah: tinggal ganti software, download di internet juga banyak. Dan kalaupun rusaknya sangat parah, solusi terakhirnya tetap murah dan mudah: install ulang!

Tapi, kerusakan hardware lebih rumit dan mahal lagi, karena kita harus service atau membeli hardware baru yag harganya bukan seribu-dua ribu! Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban setiap pemilik komputer, terutama laptop, untuk menjaga laptopnya dengan sangat apik, baik, dan careful.

Postingan saya kali ini adalah berbagi pengetahuan dan pengalaman saya tentang tips atau cara-cara merawat laptop agara tetap awet. Alhamdulillah saya sudah memiliki laptop bertahun-tahun, tapi belum ada kerusakan pada hardware-nya (dan mudah-mudahan tidak ada), padahal merk laptop saya bukan merk mahal.

Sebetulnya tips-nya banyak. Anda bisa langsug download melalui link Mediafire di bawah. Namun akan saya tulis 3 tips saja yang menurut saya sering orang-orang lupakan. Yaitu:
  1. Gunakan laptop dalam keadaan diam, artinya laptop tidak dipindah-pindah tempat ketika hidup, apalagi laptop digunakan di atas kendaraan yang sedang melaju. Megapa? Karena pergerakan kita akan mengurangi efektifitas harddisk (yang sedang berputar di dalam laptop kita) untuk memproses data-data yang kita gunakan.
  2. Jagan sering menyentuh layar laptop langsung dengan tangan, apalagi ditekan. Gunakan lah tisyu atau sejenisnya untuk membersihkan permukaan layar. Kalaupun terpaksa harus menyentuh, sentuhlah dengan sangat pelan dan hati-hati. Megapa? Karena layar laptop kita terbuat dari LCD (Liquid Crystal Display) yang artinya banyak cairan kristal di dalam layar yang sangat sensitif terhadap sentuhan dan penekanan.
  3. Jangan terlalu keras menekan keyboard. Jangan samakan keyboard laptop dengan keyboard komputer desktop. Tekanan yang berlebihan akan cepat merusak keyboard. Service keyboard biasanya berkisar sekitar 700 ribuan. Mahal, kan?!

Free Download Tips Merawat Laptop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar